Tulisanku Di SMP Negeri 2 Dayeuhluhur

­PERJALANANKU DI BANGKU SMP


Assalamu’alaikum wr.wb.
Selamat datang kembali di Tulisan Trisnawan. Kangen nih udah lama gak posting dan berbagi sama kalian ya. Nah, kali ini saya akan menceritakan tentang kisah saya di SMP Negeri 2 Dayeuhluhur. Gimana sih tulisan Trisnawan selama di SMP? Gimana ya kira-kira SMP-nya Trisnawan itu? Ya oke, akan saya ceritakan pengalaman yang didapat selama saya bersekolah di SMP N 2 Dayeuhluhur. Supaya kalian tau ada apa saja sih yang menarik disana. Ayo kita coba cari tau dengan membaca Tulisan Trisnawan di postingan terbaru ini.


Sekolah SMP Negeri 2 Dayeuhluhur adalah sekolah yang terfavorit di daerahku. Kebanyakan anak-anak di desaku ingin melanjutkan sekolah dasarnya ke SMP N 2 Dayeuhluhur atau biasa disebut dengan SPERGO. Orang-orang sering menyebutnya SMP Mergo, karena memang lokasinya ada di Jalan Mergo, Desa: Panulisan Timur, Kecamatan: Dayeuhluhur. Di depan SDN Panulisan Timur 02. Kota/Kabupatennya sudah pasti di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia.

Menurut para alumni yang sekarang sudah tidak bisa dikatakan muda lagi :D , termasuk paman saya sekolah SMP Negeri 2 Dayeuhluhur itu sudah ada dari dulu saat paman dan ayah saya masih anak-anak. Saat paman saya sekolah, kelasnya masih 4 kelas untuk tiap tingkatannya (7A-D, 8A-D, 9A-D) dan masih belum ada pagar yang mengelilingi sekolah. Jadi di belakang sekolah langsung berbatasan dengan kebun karet. Pada saat itu juga belum ada kelas di jajaran kelas 9 sekarang. Nah itu sedikit cerita lama dari paman saya saat sekolah di SMP Mergo. Paman saya dulu tinggal di Dusun Cirateun, nah kebayang kan dulu saja jangkauan murid SMP Mergo sudah jauh dan sampai ke Desa Matenggeng. Nah itu cerita paman saya, bagaimana dengan cerita saya? Mari kita simak!

Saya daftar ke SMP Negeri 2 Dayeuhluhur itu pada tahun 2013. Alasan saya ingin sekolah di SMP Negeri 2 Dayeuhluhur itu karena saya berpendapat bahwa SMP Negeri 2 Dayeuhluhur itu sekolah yang bagus dengan gurunya yang bisa dikatakan berpengalaman, tegas, dan kreatif. Untuk bisa masuk kesana juga sangatlah susah, kita harus berlomba-lomba dengan ratusan pendaftar yang lainnya. Dulu saya daftar  bersama rombongan SD Negeri Matenggeng 03 naik mobil Alm. Ibu Sari S.Pd. Semua alumni SD saya daftar ke sana. Kami dari 14 orang yang daftar yang diterima di SMP Negeri 2 Dayeuhluhur hanya 7 orang. Dan 7 orang lagi tidak diterima disini dan daftar lagi ke sekolah yang lain. Aku sangat beruntung bisa diterima disini.

Aku berangkat ke sekolah menggunakan mobil bak yang didesain khusus untuk mengantarkan siswa dari daerahku ke sekolah. Jarak dari rumah ke sekolah mencapai kurang lebih 9-11 km, dan tidak di perkenankan siswa untuk membawa motor ke sekolah karena melihat resiko dan bahayanya.














MOS
Awal masuk sekolah kita menjalani Masa Orientasi Sekolah. Saya saat MOS ditempatkan di kelas D bersama teman se desaku Cahyanto. Sangat banyak pengalaman dan ilmu yang bisa aku dapat saat melaksanakan MOS. Kami dulu disuruh memakai kalung dari wortel, gelang dari bahan yang ada di dapur (aku memakai lada), name tag besar, dan membawa segala macan lah. Tapi untungnya saat itu bulan Ramadhan, jadi gak bawa makanan yang aneh-aneh :D . Setalah MOS kami dibagi kelas tetap dan saya duduk di kelas 7E bersama teman se daerah Ade Sunandar dan Iceu Nopi Yuliani.

KEGIATAN KEPRAMUKAAN
Nah, di SMP pastinya ada yang namanya ekskul pramuka wajib setiap hari jumat. Aku langsung melakukan kegiatan dan pulang sekitar jam 3 lebih. Pulangnya saya suka memakai angkot jurusan Banjar-Dayeuhluhur, saya turun di Sukajadi kemudian saya jalan kaki 2 km ke rumah saya. Atau pulang dulu bawa motor ke rumah, tapi gak keburu jumatan. Kalau enggak ya nebeng sama temen :D :D .

Selain melakukan pramuka wajib kami melakukan Perkemahan Jumat Sabtu (PERJUMSA) dilingkungan sekolah. Saya gabung di regu banteng. Saat itu saya membawa wajan, gitar, baskom, piring, gelas, dan teman-temannya. Saya diberi arahan dan didikan di Pramuka dan membuat saya senang di acara ini. Saya ikut kegiatan Penjelajahan. Banyak juga game, rintangan, dan medan yang menantang. Saat ditengah penjelajahan ada salah satu guru yang tergelincir saat melompati selokan yang lumayan dalam. Karena kecelakaan itu akhirnya Bu Umi dibawa ke rumah sakit dan kegiatan penjelajahan diberhentikan. Esoknya malam api unggun, saya dan satu regu menampilkan kesenian genre Reggae yang dikolaborasikan dengan dangdut dengan alat music yang simple yaitu gitar, tamtam, dan hi-het (kecrek) drum. Kami rame-rame menyanyikan lagunya Sejedewe yaitu Cinta di Pantai Bali. Saya sangat senang dengan kegiatan ini. Banyak keseruan, hal menarik, lucu, pengalaman, pendidikan, dan nilai kepemimpinan.

MASA-MASA DI KELAS 7E
Di 7E saya di wali kelas oleh Pak Yoga Budi Pramono. Saya suka dengan ketegasannya dan kepandaiannya dalam menyampaikan pelajaran yaitu Penjasorken. Aku sama sekali sangat lemah di olahraga, tapi aku sangat senang menjalaninya.
Di kelas 7 saya terbilang pendiam dan tidak banyak bicara. Saya bicara ketika orang lain mengajak untuk mengobrol saja. Seiring berjalannya waktu akhirnya aku bisa mengenal teman sekelasku. Aku juga sering loh dikerjain sama temen-temen aku. Saya juga suka diberi pertanyaan yang gak jelas, ya aku jawab saja biarlah mereka tertawa. Sebenarnya aku malu juga sih di jahilin sama pertanyaan yang gak jelas dan tak patut dijawab itu. Ya mau gimana lagi tetap saja mereka seperti itu. Saya juga diberi cobaan yang lumayan menyakitkan, ya tapi saya coba jalani. Ya mungkin saat itu saya adalah orang yang culun, jelek, dan gitulah karena kan saya anak gunung. Sekarang sih saya yah, gitu, masih sama :D :D :D . Ya bisa dibayangin kan gimana posisi saya saat itu? Ya udah skip aja ya. Intinya dari semua masalah dan cerita saya saat kelas 7 menjadikan saya sebagai orang yang tidak mudah marah kalau dicela, menjadikan aku mulai tidak jadi pendiam seperti dulu lagi. Aku juga belajar untuk saling menghargai, menghormati, dan akhirnya saya tau apa itu rasanya sakit, dan apa arti sebuah perjuangan. Dulunya sih saya merasa sangat ingin pindah kelas dan sangat bosan. Tapi setelah saya jalani dan setelah saya naik ke kelas 8 ternyata baru aku sadari bahwa sebuah kejadian yang selama ini saya jalani itu tersimpan ilmu, pengalaman, pengetahuan, dan pelajaran yang sangat berharga. Dan saya bersyukur bisa dapat pengalaman paling berharga itu, karena saya dapat apa yang tidak orang lain dapatkan.

Saya kelas 7 sangat suka sama mata pelajaran Matematika dan Seni Budaya. Saya selalu bersemangat untuk semua guru yang mengajar di semua mata pelajaran. Saya berteman dekat dengan Ade Sunandar, Jepri Hermawan (yang ternyata kakeknya satu grup seni sama ayah saya), Aditiya Nugraha. Kami berempat suka jajan bareng, main bareng, dan juga ke WC juga bereng :D :D . Saya juga bersahabat dengan Ipan Sutarna, Roby Herdiana, Yadi, dan yang lainnya. Saya sangat senang menghabiskan waktu di kelas 7 bersama mereka.

MASA-MASA DI KELAS 8
Awal masu kelas 8 kelasnya diacak lagi. Saya dan keempat teman dekat saya terpisah kelas. Ade 8E, Jepri 8C, Aditiya 8B, dan aku di kelas 8A. Awal masuk kelas 8 aku kurang begitu kenal sama teman baruku di kelas 8. Aku hanya kenal sama Caca Nurdianto yang kebetulan satu desa Matenggeng. Ya aku sebangku dengan Caca, lama kelamaan aku mulai mengenali Sansan, Zidan, Adji, Sidik, Rina, dan semuanya. Kelas 8A saya sangat akrab betul sama semuanya. Orangnya juga seru dan senang diajak bicara apalagi becanda, wah jagonya deh. Lama kelamaan aku menyadari bahwa aku menderita mata minus. Akhirnya aku yang tadinya duduk di belakang jadi pindah ke baris ke 2 bersama Zidan yang minus juga. Di tempat itu aku dekat sama Zidan, Sansan, Adji, dan Sidik. Maka dari itu ke empat orang itu menjadi teman dekat saya. Waw, dan akhirnya teman dekat saya bertambah jadi 10 sama yang di alumni 7E. Saya dangat senang. Di kelas 8 saya lebih banyak becanda daripada seriusnya, dan akhirnya turun deh nilai rapot saya :D :D hehe. Tapi teman 8A itu sangat seru dan akrab.

MASA MASA DI KELAS 9
Nah ini sobat yang ditunggu-tunggu, cerita saya bersama SECON’D (Student’s Community of Nine D) wah gak salah lagi, pasti ini adalah kelas 9D. Kelas 9D juga tak kalah menariknya sama 8A. Di 9D saya juga di bertemukan sama sahabat-sahabat yang solid, baik, seru, dan pastinya lucu-lucu deh. Nah kalau ini becandanya melebihi kelas 8, tapi becandanya juga sebanding dengan seriusnya. Kan mau ujian jadi harus serius belajarnya. Sebelum dibagikan kelas saya minta sama guru untuk di satu kelaskan sama Sansan, tapi kata gurunya “wah gak bisa, ini sudah tertulis data kelas baru dan tidak bisa dirubah”. Ternyata eh ternyata saya, Sansan, dan Sidik sudah ditakdirkan satu kelas di 9D sebelum kita minta pun. Akhirnya kita ketawa dan malu sama guru-guru sambil melihat data kelas yang baru.




Pengalaman apa dulu nih yang mau dijelasin? ujian praktik, US, UN, yang lucu-lucu, atau cinta?
Ya elah kalian mah malah lebih penasaran sama cerita cinta ya? Ya udah kalau begitu saya akan bercerita tentang Try Out Sekolah :D :D :D . Oke oke, jangan pada kesel gitu. Kenapa sih maunnya cinta mulu? Gak yakin ya saya pernah pacaran? Saya juga enggak :D :D .
Eh dulu, saya itu mirip Varrel Bramasta loh :D :D , eh pada ketawa. Itu fitnah loh, eh magsudnya fakta :D . hehe, gak percaya ya. Ya udah kalau gitu mah gak usah percaya, gak ada yang bakalan percaya juga kok, saya sendiri juga gak percaya.

Nah saya akan bawakan cerita Try Out, Ujian Praktik, US, UN, Yang ada lucu-lucunya, dan terakhir apa ya? Oh iya, cinta. Eh ntar dulu kawan, maen geser halaman aja nih. Mau buru-buru baca tulisan yang mana sih gan? Hehe :D :D . Oke ya, saya akan ceritakan semua hal diatas, mendingan bawa dulu kopi/susu, snack, dan mie nya gan :D . Sambil makan gitu kan seru bacanya.

Belajar, belajar, dan becanda. Itulah yang aku lakukan untuk menghadapi tes. Belajar sangatlah perlu namun juga harus dibarengi sama hiburan. Bosan juga kan kalau serius mulu mah, becanda mulu juga rissih gan. Jadi terkadang juga serius, becanda dan ngeselin. Gurunya juga sama mensuport kita untuk giat dalam belajar, dikasih bimbingan, motivasi, dan juga cerita pengalaman dari setiap guru. Seru deh belajarnya, dikala lagi becanda ya harus becanda dikala lagi serius juga wajib gan serius. Jika murid perhatian sama gurunya maka gurunya pun akan lebih dan lebih perhatian kepada muridnya, bener gak?  Kita harus hormat pada guru kita, kalian bisa kayak sekarang karena siapa? Nah itu gan.
Kata guru saya, kesuksesan itu bukan karena nilai ulangan yang bagus, bukan karna pendidikan tinggi, bukan karena kecerdasan, dan bukan karena jabatan atau pangkat. Kesuksesan itu berasal dari kejujuran, kedewasaan, sikap hormat pada guru, patuh, taat, perjuangan, bagaimana cara kita berusaha, dan kesetiaan. Di zaman sekarang kan banyak tuh lulusan sarjana yang nganggur, banyak juga yang tamatan SD yang pada sukses yak kan? Nah kita coba Tanya pada orang sukses, pasti dia tidak akan lupa sama jasa-jasa gurunya. Cerita dari guru agama saya, betapa beruntungnya orang yang patuh. Kecerdasannya itu gak terlalu ini, tapi karena dia patuh dia bisa mendirikan Madrasah yang besar yang awalnya hanya ngajar ngaji di masjid RT. Tapi karena ada dukungan masyarakat dan bisa dipercaya akhirnya masyarakat itu membuatkan Madrasah dan dikelola oleh dia. Dan sekarang sudah menjadi sukses karena ilmu yang didapatkannya ituu diamalkan.
Kalau saya ceritakan, banyak loh cerita-cerita dari guru-guru saya, semuanya punya cerita. Guru saya itu dulunya kebanyakan adalah orang yang biasa-biasa saja, tetapi dengan perjuangannya dan melihat jerit payah orang tuanya akhirnya semangatnya takan pernah padam. Dan Alhamdulillah sekarang bisa menjadi PNS, punya mobil, dan lain-lain. Pokonya banyak pelajaran yang diambil dari guru di SMP. Dan bukan pelajaran materi saja, melainkan lebih menekankan pelajaran-pelajaran untuk bekal dimasa depan. Nah itulah yang membuat saya betah dan nyaman sekolah di sana. Disamping sikapnya yang tegas, gagah, dan pemarah tapi didalamnya juga terdapat sikap kasih sayang pada kita, prihatin pada kita, peduli, tanggap, dan ingin melihat kita suatu saat nanti bisa sukses. Atas semua kasih sayangnya, doanya, dan kepeduliannya kita sekarang bisa melanjutkan sekolah di sekolah yang kita inginkan.

Teman-teman saya juga bisa saling support, menasehati, mengingatkan, dan saling memahami antara teman. Pokonya saya merasa orang yang paling beruntung. Kelasnya juga kompak, solid, dan itu adalah kesempurnaan persahabatan. Apa coba yang kurang? Jadi kita nyaman dalam belajar juga. Ada seriusnya semua serius, ada becandanya semua becanda. Ada juga yang jail. Namanya manusia kan gak ada yang sempurna gan, dibalik kelebihan pasti ada kekurangan begitupun sebaliknya.
Duh malah baper nih bahas cerita ini gan, terlalu manis untuk dilupakan kalau kata Slank mah. Tapi kata Gaby itu sudah Tinggal Kenangan, kata Samson itu adalah Kenangan yang Terindah, dan menjadi Kota Kenangan.



Udah ganti topic nih gan. Sekarang kita bedah cerita waktu kelas 9 bersama sang sahabat. Oke gini kawan, kita mulai dari yang sederhana ya. Saya itu suka jajan batagor, cilok mang ujang, mendoan bibie kantin, dan es campur anti haus. Itu makana favorit saya waktu SMP gan, bukan Cuma di kantin didepan sekolah juga berjejer segala macan jajanan yang enak-enak dan sehat gan. Nah gini gan, kan kita ceritanya lagi jajan nih gan. Tiba-tiba ada gas yang mengeluarkan asap gan, semuanya pada lari gan kemana-kemari, takutnya jadi bom :D . Tapi si bibi dengan semangat dan perjuangannya menetlalisir gas yang mau meledak gan, wih pemberaninya. Untungnya gak jadi bom tuh, kalau jadi bom ancurlah pagar sekolahku. Greget kan orang sini mah?

Di sini ada banyak jomblowers dan saking ngetrennya sampai dibuatkan grup GOOGLE (Gabungan Orang Orang Single). Ya, awalnya sih tertarik sama grupnya pak guru saat sekolah yaitu IJO LUMUT (Ikatan Jomblo Lucu dan Imut). Dulu grup itu sangat ramai dan disukai. Selain itu kami juga mendirikan grup KBCH (Komunitas Berbagi Cerita dan Hobby), itu awalnya sih buat seru-seruan maki sini makin ada sedikit yang curhat, bercerita, dan apalah-apalah. Dulu komentar terseru itu mencapai 100 lebih kiriman komentar dari 5 atau 6 orang. Wih bicara tentang apa saja sih? Nah itu grup facebook buat hiburan dikala pusing gan, dan berdiri di luar sekolah dan didalam facebook.

Nih gan ada cerita, teman ku ada yang suka sama anak kelas 7 dan kebetulan se SD dengan saya. Ya tapi katanya mau kirim surat atau apalah dan nyari tau tentang dia ke saya. Ujungnya apa? Dia gak jadi dan katanya hanya sekedar suka, yah udah cape-cape saya dikepoin. Terus gimana coba kelanjutannya? Giliran saya yang suka sama anak itu gan. Ya biasa lah becanda-becandaan gitu.
Saya Tanya lagi sama teman saya, mau kenal gak sama anak itu? Katanya enggak lah, masih suka sama yang lain katanya. Nah kan saya se angkutan gitu sama anaknya, saya perhatiin kok kenapa makin lama makin cantik aja :D . Padalah gitu tadinya kan gak kepikiran sama sekali gan, waktu SD juga yah masih kurang akrab. Apa ini matanya ketuker sama teman saya tadi ya? Pokonya gak tau gan. Ya saya acuh lah, ngapain coba mikirin cewe kan mau ujian. Tapi aneh juga.

Nah keesokan harinya mulai les gan, gak inget lagi tuh sama adik kelas itu. Les sampai jam 3, seru gan makan bareng di kelas 7 yang sepi gak ada siapa-siapa. Sebelum les kan harus makan dulu, biar gak lapar, setelah kenyang ya sholat Dhuhur sekitar jam setengah 2. Biasanya makan di kelas 7A, tapi ada orang lai yang dahulu masuk ke 7A, pindah ke 7B dan akhirnya ke 7C. Karena 7C kelas paling ujung, jadi jarang yang nempatin kelasnya gan. Saya kepo gitu baca adsensi dan ingin tau wali kelas dan nama-nama muridnya. Eh ternyata anak putri yang tadi saya ceritakan itu duduk di kelas 7C gan. Entah kenapa jadi kepo juga nih, saya tanya-tanya pada teman sekelasnya.

Nih gan ada yang lucu dulu, mulai dari saat itu saya jadi rajin buang sampah dari tong ke TPA gan, ada temen yang mau piket saya anter, ada yang mau ke WC saya anter juga gan :D :D . Karena kan untuk sampai ke TPA dan WC itu melewati kelas 7 gan :D . Ada-ada saja nih, ternyata ada maunya. Nih ya gan, saya kan PD banget tuh abis dari TPA, pas mau cuci tangan di keran depan 7C saya melirik adek-adek yang lagi ngerumpi gan siapa tau ada si dia gan. Eh pas jalan saya gak konsen dan akhirnya saya terpelosok ke dalam selokan yang ada di depan kelas gan. Aduh, apes-apes, malah ditertawakan sama adik kelas, ya kita bertiga kompak gan KABUR sambil ngobrol menetralisir rasa malu.

Nih gan aneh banget ya, ceritanya kan nganter temen ke WC. Sepulang dari WC ada 2 anak putri adik kelas gan. Temen saya tanya itu sih siapa, saya gak tau. Tatapanya gitu seperti melihat yang aneh. Ya kita panic, 2 orang itu lagi pegang cermin ya kita lewat dengan gagah berani. Ya elah mereka menatap kita lagi dengan tatapan yang tajam gan. Kita malah kalah sama adik kelas, bukanya mereka yang malu malah kita yang mau dan menundukan kepala lalu kabur. Di kelas kita bercerita dan merasa aneh dengan 2 orang yang tak dikenal itu gan, sambil ketawa terbahak-bahak.

Tapi saya terus saja rajin ke TPA, walau sedikit ngeri. Setelah saya kepo, saya mendengar si dia itu katanya dimusuhin gan ama temen sekelasnya, kena fitnah mungkin kalau enggak salah faham. Kasihan juga kan, temen dari SD yang sama masa di acuhkan. Awalnya sih kasian saja gitu, karena saya juga kan pernah gan merasakan sakitnya kelas 7, sudah saya ceritakan tadi. Saya berfikir dia mengalami masalah yang sama seperti saya, jadi saya harus memberi jalan keluarnya. Magsud saya sih mengamalkan ilmu yang didapat di kelas 7. Terus saya nyari sumber masalahnya, tapi gak ada orang yang mau ngasih tau secara detail gan. Ya saya coba dan mencoba, kasian kan satu daerah.

Hari jumat-sabtu kan gak ada les, jadi naik angkuutan lagi gan. Saya lihat dia kayaknya makin murung dan kasihan. Lama-lama mekar gan jadi ada rasa. Saya buat surat tanggal 11, saya titip ke temen tanggal 12. Isinya sih, kata-kata penyemangat buat menghadapi masalahnya secara tidak langsung, di surat itu dikasih no hp saya. Tanggal 13 dia SMS, tgl 14 jadian, tgl 16 senyum-senyuman tanpa kata, tgl 17 putus. Wih hebatnya,,,, :D :D :D :D . Kenapa? Katanya dimarahin orang tuanya, saat baca SMS dari saya. Ya singkat cerita tes demi tes dijalani.

Setelah Try Out kedua kelasnya diganti berdasarkan akumulasi Try Out 1 dan 2. Kebetulan banget gan dapet ruang satu, sekelas sama orang-orang yang berotak canggih walaupun saya kurang canggih :D . Gugup banget les di ruang 1 gan, rasanya seperti universitas. Tapi nyaman gan, nyamannya kelasnya gak ada yang becanda disaat pembelajaran dan nyaris gak ada suara nois. Hehe :D :D

Setelah itu saya menjalani Ujian Praktik, waktu demi waktu dipadati aktifitas latihan, apalagi seeni budaya yaitu nari. Pulang sekolah aku selalu latihan menari lagunya Armada – Mabuk Cinta. Saya kan acting mabuk, terjatuh, dan ditangkap oleh 2 orang teman di belakang. Pas jatuh yang nangkapnya gak kompak, jatuhlah beneran ke lantai. Akhirnya yang nangkap aku jadi satu orang saya biar ga ribet kordinasi. Alhamdulillah pas UP sukses! Setelah UP seni budaya (UP Terakhir) kami menari lagu india dan sambalado se kelas 9D, dengan kekompakan 9D akhirnya UP trakhir ini menjadi sangat seru dan menjadi kenangan terindah gan.


Terakhir adalah Ujian Nasional. Wih, saat-saat menegangkanpun dimulai. Dengan harapan yang tinggi kita mengerjakan dengan sangat serius. Belajar, belajar, dan becanda. Akhirnya kita mendapat hasil yang lumayan gan. Walaupun segitu ya saya sangat bangga itu hasil sendiri.







Di acara perpisahan saya tampil membawa Tigands Band dengan lagu Rindu Padamu. Meski Tigands band tidak satu sekolahan, tapi bisa di atur supaya bisa tampil di acara perpisahan SMP Negeri 2 Dayeuhluhur. Walau berat meninggalkan kenangan ini, tapi kami harus melangkah. Kami tak akan melupakan semua orang yang ada di kehidupanku. Masa lalu boleh berlalu, tapi masa lalu ku jadikan pedoman untuk masa depan. Takan ku lupa, akan ku ingat. Selamat berkarya wahai sahabat,,,






:) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :)

Nah itu gan cerita saya di SMP. Duh udah ngantuk gan, sebenarnya masih banyak cerita yang ingi saya bagikan. Tetapi lain kali saya sambung di postingan selanjutnya ya kawan. Gimana setelah membaca ini kalian dapet apa? Nah yang positif silahkan agan contoh, tapi yang jelek-jeleknya jangan ya gan.
Mohon maaf bila di postingan ini terdapat kata yang salah atau membuat kalian gimana gitu. Cukup itu yang bisa saya sampaikan. Bila ada jarum yang patah, jangan kau simpan dalam peti, bila ada kata yang salah, jangan kau masukan dalam hati.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

0 Comments