Cara Meningkatkan Semangat Belajar


CARA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR



Memang bagi sebagian siswa telah merasakan semangat belajarnya menurun, karena apakah itu? Mungkin banyak factor penyebab dari turunnya semangat belajar kita.



Nah saya juga pelajar nih, saya akan memberikan sedikit pengalaman saya yang boleh anda ikuti dalam proses pembelajaran kalian di sekolah.



Cara Meningkatkan Semangat Belajar:

1.       Punya Target. Nah target kita sekolah itu apa? Kita mesti tahu. Targget kita belajar disekolah itu adalah UTS, UAS, UKK, dan Ujian Akhir. Nah nilai berapakah yang kalian ingin cetak di raport kalian? Tujuh? Delapan? Atau bahkan 10? Semua tidak ada yang tidak mungkin, kalian bisa mendapatkan nilai ulangan 100. Asalkan mulai dari sekarang belajarnya dengan baik. Dan target kalian bisa cari semau kalian, terserah yang penting memotivasi. Contoh: Target nilai 9 untuk dipersembahkan untuk pacar tercinta (misalnya). Atau juga “Target ingin masuk 3 besar”.

2.       Jangan Pernah Mencontek. Nah ini nih, yang menurut saya membuat kalian susah belajar itu karena ke enakan nyontek. Coba kalian lihat yang masuk 3 besar. Mereka nyontek gak? Kagak kan, dan yang sering sekali nyontek malah dapetnya kurang dari nilai KKM.

3.       Banyak Minum Air Putih. Nah kan kekurangan minum dapat menyebabkan dehidrasi dan menurunnya tingkat konsentrasi.

4.       Merasa Nyaman Dengan Guru. Gini ya, semakin kita nyaman belajar bersama guru kita, maka akan semakin mudah otak kita menyimpan materi yang telah diberikan guru itu. Jadi kita jangan membuat kesal guru ya, karena guru adalah sumber ilmu.

5.       Rasa Ingin Tahu. Nah kita dalam belajar harus serba ingin tahu sesuatu dalam materi pembelajaran. Jika kita tidak merasa ingin tahu, materi yang diberikan susah untuk dicerna.

6.       Berusaha dan berdoa. Nah jika kita berusaha, maka kita akan menemukan hasil. Jika kita banyak berusaha, maka kita pula akan banyak menemukan hasil. Teruslah berusaha, kegagalan bukanlah penghalang. Kegagalah adalah jembatan menuju keberhasilan. Dan juga tidak lupa untuk berdoa untuk menyempurnakan tujuan dan keberhasilan kita.



Nah untuk hari ini hanya ini yang dapat saya sampaikan, mungkin dihari nanti saya bisa menambahkan artikel ini, meskipun hanya sedikit tetapi saya harap bermanfaat. Komentar kalian sangat ditunggu, silahkan bila ada tambahan dan koreksi silahkan komentar dibawah. Mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan dalam artikel dan luar artikel.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

0 Comments