Kebiasaan Yang Membuat Kecerdasan Menurun atau Bodoh

Selamat berkunjung ke blog saya lagi gan. Kini saya akan berbagi informasi yang berkenaan dengan kecerdasan kita nih gan. Tau gak, ternyata Kebiasaan dibawah ini ternyata membuat kecerdasan anda berkurang. Gak percaya? Yo, kita lihat baik-baik penjelasannya.


Beberapa hal yang membuat kecerdasan kita menurun adalah:

1. Kebanyakan Tidur.
Walah-walah nih salah satu kebiasaan orang nih. Memang tidur itu terasa nikmat ya gan? Apalagi mimpi indah, weh bukan lagi. Dan ternyata Tidur Yang Berlebih itu menyebabkan dampak buruk bagi kecerdasan kita.Ternyata tidur yang lebih dari 9 jam dapat menyebabkan turunnya kesehatan Mental dan pula dapat menyebabkan depresi. Waduh, meski tidur itu menyehatkan, tapi kalau berlebih mah malah menyakitkan ya ternyata.

2. Kurang Tidur.
Nah, tadi Kebanyakan Tidur. Sekarang kurang tidur pun ternyata menyebabkan turunnya kecerdasan kita. Gak percaya? Kurang tidur itu menyebabkan kecemasan dan depresi juga. Kata bang Haji Rhoma Irama juga kan "begadang jangan, begadang. kalau tiada artinya, begadang boleh saja, kalau ada perlunya". Nah itu lah,, jadi jangan kebanyakan begadang oke!

3. Merokok.
Nah ini nih. Merokok adalah salah satu kebiasaan yang tidak bias dihindarkan dari kaula muda. Anak SD saja ada aja yang suka merokok, apalagi SMP, SMK, dan seterunya. Nah, lalu apa penyebabnya? Merokok itu dapat menyebabkan kesehatan otak menurun, dan juga mengganggu fungsi otak, mengganggu kesehatan mental dan menurunkan kemampuan mengingat. Nah itu sob, banyak orang mengatakan tak ada rokok gak keren, gak kece, dan apalah alasannya. Tetapi untuk para pelajar khususnya nih, jauhi lah merokok gan. Karena saya sudah melihat sendiri buktinya. Mau dengar ceritanya. Oke "Ada seorang nenek nih udah tua pastinya, :D :D :D . Dia itu tidak merokok, dan selalu menjaga kesehatannya. Tetapi meski udah tua tuh nenek, tetap saja gan ingatannya sangan kuat tuh. Pelajaran sekolahnya dulu juga saya Tanya dia masih ingat, hebat bener tuh. Dan juga kalau mengingat sesuatu itu mudah ingat. Tapi saya survey bapak-bapak nih yang suka merokok, saya Tanya sesuatu, ya dia bilang lupa karena udah lama atuh ceng. Parahnya lagi, kalau disuruh beli sesuatu oleh istrinya, dia suka lupa bahkan disuruh beli minyak datannya apa. :D :D :D ." Aneh banget ya kan. Dan kalau contoh lain lah silahkan kalian lihat aja di sekolah kalian, lihat orang perokok dan yang bukan perokok. Lihat aja prestasinya. Kenapa perempuan lebih pintar dari laki-laki? Ya itu, perempuan jarang yang merokok.
Nah jadi saya saranin, sebaiknya jauhi lah merokok.

4. Minuman beralkohol.
Wih, lagi musimnya ya mungkin. Alkohol itu berbahaya bagi kecerdasan gan. Hal tersebut disebabkan oleh terlalu banyak meminum minuman beralkohol yang melemahkan syaraf dan dapat menimbulkan masalah terhadap memori otak hingga depresi.

5. NARKOBA
Nah salah satunya ini nih, yang sering ane denger di TV dan koran. Narkoba terus, bosen ane dengernya. Aneh dengan tingkah laku orang Indonesia. Tau racun tikus? Dicampur sama obat batuk. Fikir aja gan, tikus aja mati makan begituan, apalagi manusia :D :D :D . Kemana tuh otaknya :D :D . Haduh, aneh juga ya? Mau mau aja gituh makan begituan. Sampai ada tuh lagunya. "Opo ora eman duite, gawe tuku Banyu Setan, opo ora mikir yen mendem, iku biso RUSAK FIKIRAN". Nah cocok tuh lagu itu tuh. Kenapa begitu??? Simak baik-baik! Hal ini disebabkan oleh bahan kimia dalam narkoba tersebut yang dapat melemahkan fungsi saraf, membuat depresi, rasa cemas dan mudah berhalusinasi.

6. Jarang Olahraga
Nah ini termasuk kebiasaan anak Gamers dan anak IT nih, termasuk saya :D :D :D . Memang bagi sebagian orang Olahraga itu malah, capek, lelah, dan hanya membuang waktu. Eits, tapi jangan salah. Olahraga itu dapat menyehatkan tubuh dan mental. Maka seringlah berolahraga, supaya tubuh sehat otakpun jalan :D :D hehehe.

7. Stress
Haduh, stress nih ane. Buka medsos statusannya galau bingit, marah marah, dan ada yang segala macem tuh. Hehehe... Stress merupakan gangguan mental yang sangat cepat menurunkan kecerdasan otak. Sehingga, sangat perlu untuk mencegah dan mengatasi stress supaya tidak berdampak kepada kesehatan otak. Hindari stress lah, kalau ada  masalah ya selesaikan saja dengan baik-baik, jangan digerumuti dalam hati. Oke!

8. Malas Berfikir
Nah ini bener banget nih, Para pelajar jaman sekaranga cenderung sangat malas untuk berfikir. Bener gak? Ngaku loh. :D :D . Lihat aja gan sekitar anda kalau ada Ulangan, pasti ada saja yang nyontek, bawa catatan, dan gak jujur. Termasuk saya :D :D :D . Nah jadi mulai dari sekarang, jangan mencontek gan! Saya merasakan akibatnya. Benar kata guru kita ternyata, Mencontek Membunuhmu, Karena apa? Penyebab Malasnya Berfikir. Dengan berfikir dan terus berinovasi membuat kecerdasan otak semakin meningkat. Sebab, otak terpacu untuk selalu bekerja dan terus bekerja sehingga membuat otak semakin tajam. Namun sebaliknya, apabila pikiran kita jarang untuk diajak berfikir dan berinovasi, maka dapat menurunkan kecerdasan otak. 

9. Otak kurang Nutrisi
Nutrisi itu apa ya? Coba kita lihat ulasannya.
Otak juga sama dengan organ tubuh lainnya, memerlukan nutrisi dari makanan yang sehat. Sebaiknya hindari makan makanan yang berlemak atau makanan yang tidak sehat. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi bagi otak, seperti ikan, telur, sayuran, buah – buahan dan susu. Oh . . . . :) :) :)

10. Lingungan yang Buruk
Faktor lingkungan sosial juga mempengaruhi kecerdasan seseorang. Contohnya, seorang anak yang hidup di lingkungan yang mayoritas pedagang, maka anak tersebut akan pandai dalam berniaga. Jadi, faktor lingkungan sosial juga dapat mempengaruhi turunnya kecerdasan.



Nah itu sumber yang pertama ane gan . . . . Sumber kedua menjelaskan yang lain nih yang mesti ada ketahui.





11. Bekas Botol Air Mineral
Ada apa dengan bekas botol air mineral???
Mungkin sebagian dari kita mempunyai kebiasaan memakai dan memakai ulang botol plastik (Aqua, VIT, etc) dan menaruhnya di mobil atau di kantor. Kebiasaan ini tidak baik, karena bahan plastic botol (disebut juga sebagai polyethylene terephthalate or PET) yang dipakai di botol2 ini mengandung zat2 karsinogen (atau DEHA).

Botol ini aman untuk dipakai 1-2 kali saja, jika anda ingin memakainya lebih lama, tidak boleh lebih dari seminggu, dan harus ditaruh ditempat yang jauh dari matahari.

Kebiasaan mencuci ulang dapat membuat lapisan plastik rusak dan zat karsinogen itu bisa masuk ke air yang kita minum. Lebih baik membeli botol air yang memang untuk dipakai ber-ulang2, jangan memakai botol plastik.

12. Sate
Nah makanan lezat ini juga ada dampaknya loh, kita simak baik-baik.

Kalau Anda makan sate, jangan lupa makan timun setelahnya. Karena ketika kita makan sate sebetulnya ikut juga karbon dari hasil pembakaran arang yang dapat menyebabkan kanker dan mengakibatkan Sel2 pada otak tidak berkembang dan pada akhirnya bsa membuat anda susah berkonsentrasi. Untuk itu kita punya obatnya yaitu timun yang disarankan untuk dimakan setelah makan sate. Karena sate mempunyai zat Karsinogen (penyebab kanker) tetapi timun ternyata punya anti Karsinogen. Jadi jangan lupa makan timun setelah makan sate.

13. Udang dan Vitamin C
Jangan makan udang setelah Anda makan Vitamin C. Karena ini akan menyebabkan keracunan dari racun Arsenik (As) yang merupakan proses reaksi dari Udang dan Vitamin C di dalam tubuh dan berakibat keracunan yang fatal dalam hitungan jam.

Mengkonsumsi udang dan Vitamin C secara bersamaan dapat mengakibatkan sel2 stimulus Otak menjadi gampang terganggu, pada akhirnya dapat mengakibatkan Kebodohan dan IQ menjadi Turun.


14. Mie Instan
Nah, ini makanan para anak kost. Hahaha, termasuk saya :D :D :D :D . Mie itu enak, dan pula gampang bikinnya. Tinggal panasin air, masukin mie, dan aduk aduk bersama bumbu. Tapi ternyata ada dampaknya bagi otak kita loh, apa coba??

Untuk para penggemar mi instan, pastikan Anda punya selang waktu paling tidak 3 (tiga) hari setelah Anda mengkonsumsi mi instan, jika Anda akan mengkonsumsinya lagi, dari informasi kedokteran, ternyata terdapat lilin yang melapisi mi instan.

Itu sebabnya mengapa mi instan tidak lengket satu sama lainnya ketika dimasak. Konsumsi mie instan setiap hari akan meningkatkan kemungkinan seseorang terjangkiti kanker.

Seseorang, karena begitu sibuknya dalam berkarir tidak punya waktu lagi untuk memasak, sehingga diputuskannya untuk mengkonsumsi mi instan setiap hari. Akhirnya dia menderita kanker.

Dokternya mengatakan bahwa hal ini disebabkan karena adanya lilin dalam mi instan tersebut. Dokter tersebut mengatakan bahwa tubuh kita memerlukan waktu lebih dari 2 (dua) hari untuk membersihkan lilin tersebut.

Kalo aku sih, cara untuk mengurangi zat lilin yang terkandung pada mie tersebut, sebaiknya kita membuang air rebusan pertama kemudian menganti dengan air rebusan kedua. Anda bisa perhatikan genangan air tersebut berwarna kuning, bukan? Itu artinya lilin yang terkandung di dalamnya sebagai bahan pengawet. 


15. Kemasan Makanan.
Kemasan makanan merupakan bagian dari makanan yang sehari-hari kita konsumsi. Bagi sebagian besar orang, kemasan makanan hanya sekadar bungkus makanan dan cenderung dianggap sebagai “pelindung” makanan. Sebetulnya tidak tepat begitu, tergantung jenis bahan kemasan.

Sebaiknya mulai sekarang Anda cermat memilik kemasan makanan. Kemasan pada makanan mempunyai fungsi kesehatan, pengawetan, kemudahan, penyeragaman, promosi, dan informasi. Ada begitu banyak bahan yang digunakan sebagai pengemas primer pada makanan, yaitu kemasan yang bersentuhan langsung dengan makanan. Tetapi tidak semua bahan ini aman bagi makanan yang dikemasnya.


16. Kopi
Nah, jangan sering-sering minum kopi okeh? Karena para Ilmuwan menganjurkan minum kopi maksimal hanya 3 gelas cangkir, itupun cangkir yang berukuran kecil.






Nah itu gan, sedikitnya yang ternyata membuat kecerdasan kita menurun tuh. Ada gak kebiasaan anda diatas? Jujur ayo, saya juga ada nih, Saya suka banget makan Mie, apalagi di kantin, anteb dehh :D :D . Ane juga males berfikir gan, giliran ada ulangan soal susah, ngasal aja :D :D Apalagi olahraga, duh saya jarang banget gan olahraga, paling cuma kalau ada pelajaran Penjaskes saja di sekolah. . .. Haduh, parahnya diriku. Gimana dirimu?

Nah jadi sekarang, kita ubah kebiasaan buruk kita ya, BONGKAR kata bang Iwan mah . . . .
Hehehe, ya semoga bermanfaat gan informasi nya . . .
Dan mohon maaf juga nih jika ada yang tersinggung, karena saya juga yang nulis tersinggung karena jarang olahraga :D :D . Jadi maaf ya, pasti banyak yang tersinggung nih, Tapi ini demi kalian juga, supaya kita bsa memakmurkan negeri ini. Jika ada kesalahan dan kekurangan mohn maaf ya. Karena saya masih belajar nih.


Gimana setelah membaca ini, adakah sedikit pencerahan?
Komentarmu sangat berharga untuk ku!

Sumber-Sumber:
- http://www.kesehatanpedia.com/2014/12/10-penyebab-kecerdasan-otak-menurun.html
- https://norma07dp.wordpress.com/beberapa-hal-yang-bisa-membuat-anda-bodoh/


0 Comments