Pengalaman konyol sewaktu saya masih SMP

Assalamu'alaikum kawan Sejati . . .
Turun lagi nih postingan tamba kesel ku inih . . (hehe). Dalam postingan ini saya akan share ah, hobby apa yang pernah mendarat di diri saya. Apa aja ya, coba tebak!


Dari mulai saya SD juga saya paling suka sama yang namanya Musik. Ya, musik yang terkadang membuat berisik tapi terkadang juga membuat orang-orang asik. Seperti lagu ini nih contohnya:
1. Juragan Empang (dungdat)
2. Kikoro - Mirae
3. Wali Band
4. TipeX
5. Anji
6. Dan lain-lain . . .

Ya lah,, saya suka semua Genre, termasuk Gamelan atau Degung, hehe. Jangan lupa budaya kawan . . . .
Nah ini nih penampakan waktu saya baru kelas 2 SMP, aneh banget. Inget ya saya yang mana? Itu tuh yang baju merah awas jangan sampai lepas,, (hehe). Biasa lah suka memainkan lagu-lagu cinta, walaupun saya gak terlalu inih dalam percintaan. Ya lah, muka pas pas an gini mah hanya orang setia aja yang mau, hehe. Ku tunggu kau yang punya setia aja lah . . . Wualah malah bahas inih toh . . .

Oke lah bingun juga ngejelasinnya, ya pokonya hobby utama saya adalah Musik. (titik). Ya sampe bebelaan dulu pas mau beli gitar, bebelaan motong uang jajan buat nabung beli gitar itu tuh yang sekarang udah lumayan buluk. (gitar tua, beli juga bekas, wkwkwkwk) . . . Yang penting asyik lah  . . . . Terus pas udah bisa langsung ane duet sama Tedi pas pelepasan kelas 6 SD di SD Negeri 3 Matenggeng. Alhamdulillah, penontonnya pada ngantuk dengerinnya, (haha)  . . . . Pemula gitu loh, kunci gitarnya aja ku tulis di tangan kiri saya, kayak nyontek-nyontek gitu.

Siapa sih yang ngajarin saya maen gitar? Sebenarnya saya ngulik sih, tapi dibalik itu ada lah orang yang membuat saya tergiur untuk menggitar, hehe. Awalnya tetangga saya Cahyadi punya gitar, terus saya juga mau, saya beli. Saya belajar aja gituh, cara belajarnya seperti lomba lari jarak jauh, antara vokal dan gitarnya kejar-kejaran, kayak tom and jerry, (hehe)... Udahlah, bisa kuncinya, ya sih kadang membuat tangan saya pegel juga, kulitnya sobek-sobek gitu, (megar) kata orang sunda mah. Sasanggaleun, (jhaha)... Orang tiap hari  . . .



Saya juga suka ngerakit audio. Ya kayak anak Teknik Elektronika gitu, ngerakit amplifier. Ya ceritanya sih gini, saya punya speaker jelek banget, kecil suaranya. Tetangga saya punya speaker besar, suaranya edun. Ceritanya ngiri-ngiri gitu, mau beli tapi mahalnya minta ampun. Ya saya coba mencoba speaker kecil saya yang ukurannya sekitar 15x40 cm itu saya bongkar aja. Terus saya cari tutorial dari google, ya saat itu kuota terbilang murah lah untuk Java. 200 MB itu kepake 1 bulan, harganya 12 ribu perbulan.... Saya googling, kemudian saya coba tuh caranya, buat ngenaikin kualitas sound, dan pada akhirnya yang tadinya suaranya pelan jadi malah Meledak, (duarrrrr!!!!) angus dah tuh speaker ane . . . (jhahaha). Untung aja gak kebakaran, soalnya dari speakernya keluar asap, bau, dan listrik dirumah tiba-tiba mati. Yah, jadi matot . . . hehe. Waktu itu saya masih kelas 7 SMP . . .

Setelah saya kumpulin dana, saya beli trafo 2A, saya pasang di speaker rusak itu. Dan alhamdulillah bisa normal kembali, tapi tetep aja pelan. Hehehe... Ya terus saya coba-coba juga gitu ngerakit amplifiernya (mesinnya), saya beli alat-alatnya nyicil, pertama saya beli elcho, terus obeng, terus dan terus nyicil beberapa bulan lamanya. (hehe).

Setelah bahan dan alatnya sudah lengkap, barulah saya mulai merakit. Ya hanya bermodalkan Keberanian saja. Hari pertama saya rakit dan hasilnya gak ada suaranya sama sekali, hari kedua saya perbaiki dan suaranya pecah, hari ketiga saya coba lagi ada suaranya tapi speakernya dobrak, dan hari selanjutnya alhamdulillah bisa . . . Sampai sekarang ada nih, masih saya pake. Mantep banget deh, buah dirumah mah. Bassnya mantebbb.... Saya pakai power merk Alin terus trafonya pilih yang 5 A. Saya pasang tegangan 25 Volt.

Ya dari itulah saya menyukai dunia Elektronika. Dan saat itu pula saya punya karya rakitan, hehehe . . .

Selain itu juga dulu pernah ya buat film, cameranya pakai hp java 1 MP, wah kebayang rumeknya gambar, hehehe. Ya lah terus saya edit di warnet, sampai 2 jam di warnet. Boring, ampe mata ane minus kawan, kebanyakan maen di warnet. hehe . . . .

Ya cukup terbilang aneh dan unik lah cerita saya zaman dulu mah, katro banget ya kawan? Ya memang lah . . . hehe (diakui kekatroannya).

Ya cukup sekian lah perbincangan kali ini, semoga bisa menghibur.
Wassalamu'alaikum wr.wb.

0 Comments