Bulan Pertama PKL di PUSKODAL Gedung Sate

Assalamu'alaikum wr.wb.
Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang selama satu bulan PKL di Gedung Sate atau Sekretariat Jawa Barat di bagian Puskodal ( SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak ).

Satu bulan berlalu tiada terasa waktu berganti begitu singkatnya. Satu bulan ini kami memulai semua aktifitas dan beribu-ribu pembelajaran di daerah baru Kota Bandung. Dulu tiada ku mengerti, ternyata dapat ku temui sebuah gedung tinggi berwarna putih di atasnya terdapat tusuk sate. Dan itu adalah Gedung Sate. Dari mulai pertama masuk ke area sampai saya tahu apa yang ada di dalamnya.

Minggu pertama belalu, berawa di sebuah kosan yang jauh dari lokasi Gedung Sate kami melangkahkan kaki dengan penuh semangat tiada rasa letih. Makanan dan minuman yang diolah sendiri, beli sendiri, dan kita konsumsi tanpa kehangatan orang tua dirumah lagi. Disini kami mulai langkah untuk membangun jiwa yang baru, dengan penuh harapan dan cita-cita yang luhur.

Satu bulan ini saya kost di daerah Sukajadi yang letaknya jauh dari Gedung Sate dipilihkan oleh seorang teman sekamar kosan saya yang mempunyai saudara disana. Setiap hariku memulai pertama di sebuah lokasi perkotaan yang belum pernah sekalipu aku ketahui sebelumnya.

Bulan pertama praktik, saya dikenalkan dengan belasan teman baru dari berbagai sekolah yang ada di kantor bagian Pusat Komando dan Pengendalian (PUSKODAL). Dikenalkan pula komputer dan aplikasi yang digunakan diruangan ber AC itu. Mulai dari aplikasi web, multidisplay, dan pengelolaan ruang rapat, hingga mengerti tata cara bagaimana menyiapkan komputer ruang rapat. Banyak ilmu yang diperoleh dari ruangan sederhana ini, CCTV, aplikasi, multidisplay, dan sebagainya.

Selain dari itu dibagi tim untuk monitoring ruang rapat untuk mempersiapkan segala perangkat yang akan digunakan untuk rapat sampai rapat selesai kami membereskan ulang ruangan. Yang menarik dari itu adalah, ya setiap kali selesai rapat. Ya terkadang sih ya, suka dapet snack lah, atau kalau lagi hoki dapet tuh prasmanan, hehe. Ah, obat laper lah.

Oh iya, disini karena peserta PKL nya banyak jadi kerja kami disini setengah hari, wah enak banget nih, lagian dari hari Senin sampai Jumat, udah . . . . Sabtu dan minggu biasa libur. Kalau hari Minggu nih suka jalan-jalan ke pasar kaget di taman lapangan gasibu. Banyak lah segala macem-macem, asal ada duitnya,, hehe. Kalau saya sih ya, jalan-jalan aja, gak beli apa-apa. (wkwkwk).

Kerjaan apa sih yang dikerjakan dalam satu bulan ini?

1. Monitoring Ruang Rapat

2. Cek Aplikasi Puskodal + Print Laporan

3. Multidisplay
4. Membuat Laporan

5. Membuat Projek Aplikasi


Nah, gini aja lah. Hehe . . .
Tamba kesel, ya ini adalah segenap cerita saya bulan ini. Semoga bermanfaat.
Wasalamu'alaikum wr.wb.

3 Comments

Komentar Anda Sangat Kami Tunggu! Silahkan Berkomentar Dengan Menggunakan Nama Asli (lengkap)