Aplikasi Pembuat Musik Terbaik Windows - Maret 2018

Oke gan, dewasa ini banyak industri kreatif yang tidak lagi memerlukan studio rekaman untuk merekam, editing, dan mengaransemen musik kamu. Hanya bermodalkan Laptop atau Kompute PC anda bisa membuat, mengaransemen, mengedit, bahkan merekam vokal dan alat musik anda. Wih, keren banget kan zaman sekarang. Semuanya sudah bisa dengan mudah, asalkan punya keahlian gan. Jadi apa aja sih Aplikasi untuk Membuat Musik yang bagus untuk Windows


Oke ini saya ada 2 aplikasi yang saya gunakan untuk membuat aransemen musik nih gan. Musik-musik yang ada di channel youtube Trisna Sejati itu saya buat dengan menggunakan 2 aplikasi ini gan. Aplikasi apakah itu? Penasaran nih, ayo kita bahas satu persatu.

1. FL Studio 12


FL Studio adalah aplikasi Digital Audio Workstation (DAW) yang dikembangkan oleh perusahan Image Line. Keunggulan aplikasi ini adalah di bagian Midi. Tampilan yang mudah difahami dan juga enak dilihat menjadikan kita mudah dalam membuat aransemen lagu. Contohnya membuat suara gitar, drum, piano, bahkan kendang juga bisa dibuat dalam aplikasi ini. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Tinggal kita masukan VSTi instrumen yang akan dibuat dan kita tinggal klik Piano Roll. Disana kita bias menggambar pola Midi yang kita inginkan.

Sebenarnya masih banyak kelebihan FL Studio dari aplikasi audio editing yang lain. Aplikasi ini juga bisa langsung dihubungkan dengan Midi Controler, dan mendukung hampir semua VSTi Instrumen Windows. Tampilan akan terlihat rumit jika anda adalah seorang pemula, tapi jika anda pelajari lebih lanjut anda akan lebih akrab dengan aplikasi ini dan lebih mudah untuk difahami. Efek suara yang dihasilkan juga sangat variatif. Output yang bagus.

Kelebihan FL Studio 12:
- Multi Midi In
- Plugin Lengkap
- Antarmuka yang sangat responsif
- Editting Variatif
- Mixer Memiliki Preset
- Smart-Search

Kekurangan FL Studio 12:
- Tampilan Terlalu Ramai sehingga pemula akan mengalami kebingungan.
- Tanda close, minimize, maximize berada di sebelah kiri.

Spesifikasi Minimal Untuk Instal FL Studio
- 2Ghz Intel Pentium 4 / AMD Athlon 64 (or later) compatible CPU with full SSE2 support.
- 32 or 64 Bit versions of Windows 10/8.0/8.1/7, Vista, XP
- 1 GB lebih RAM (4 GB Rekomendasi saya)
- 2 GB Freespace (Usahakan yang banyak)


2. Cubase 5


Cubase 5 ini sama seperti FL Studio merupakan Digital Audio Workstation (DAW) yang bagus menurut saya. Namun Cubase 5 ini lebih unggul dalam bidang Recording atau Merekam suara. Suara yang terekam di Cubase 5 ini lebih jernih dan natural. Dalam perekaman suara vokal, Cubase 5 yang paling baik. Dengan kombinasi plugin yang bagus, Cubase 5 ini bisa menghasilkan suara vokal yang lebih jernih.
Keunggulan lain dari aplikasi Cubase 5 ini adalah dalam segi tampilan yang mudah dimengerti dan difahami membuat para pemula bisa dengan cepat mengerti aplikasi ini.

Cubase 5 ini lebih memudahkan para pengguna dalam berbagai aktifitas editing, recording, dan midi. Namun kekurangan aplikasi ini adalah di pembuatan Midi. Untuk mengaransemen musik dengan menuliskan Midi dengan VSTi akan terasa lebih sulit diarenakan tampilannya yang sederhana dan sulit untuk menggambar Midi dan menghapus sesuai yang di inginkan.

Kalau fiturnya si sama aja ya seperti yang pertama, ya kan namanya juga sama Digital Audio Workstation.

Spesifikasi Minimal Cubase 5
- 2Ghz Intel Pentium 4 / AMD Athlon 64 (or later) compatible CPU with full SSE2 support.
- 32 or 64 Bit versions of Windows 10/8.0/8.1/7, Vista, XP
- 1 GB lebih RAM (4 GB Rekomendasi saya)
- 4 GB Freespace (Usahakan yang banyak)

Jadi kesimpulannya adalah, setiap aplikasi pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Jadi tinggal pilih aja kita mau membuat projek apa nih?? Kalau membutuhkan banyak perekaman suara, usahakan memakai Cubase , kalau membutuhkan banyak pembuatan Midi akan lebih mudah bila menggunakan FT Studio. Kalau saya sih mengunakan 2 aplikasi gan. Jadi saya buat aransemen musiknya di FL Studio, terus saya rekam gitar dan vokal saya di Cubase sekalian di render ke file MP3.

Jangan lupa share karya musik kalian ya? Dan jangan lupa berkunjung ke sini lagi, hehe.
Semoga bermanfaat gan, maaf bila ada kesalahan.

0 Comments