Bulan Kedua PKL di Gedung Sate (PUSKODAL)

Selamat menjalani sekolah gan . . . Hehe,, kapan kalian PKL nih? Apa lagi PKL?
Iya saya sudah lebih dua bulan lamanya di Bandung. Saya daru jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).


PKL di Puskodal itu seru loh! Setiap hari kita dibimbing, dikasih kerjaan, orang-orangnya asyik. Jadi kita diberi satu projek aplikasi, kita bebas membuat aplikasi apa saja yang penting berhubungan dengan yang ada di sekitar kantor. Aplikasinya sih bebas, mau Web, Desktop, dan apalah pokoknya terserah yang penting bisa ada manfaat disananya. Ya yang namanya aplikasi itu kan yang terpenting ialah manfaatnya kan?

Disini saya juga gabung sama SMK Negeri 2 Bandung dan SMK ICB Cinta Tehnika. Kami saling kerjasama, karena kami adalah satu tim yaitu Tim Puskodal. Kita juga saling berbagi ilmu pengetahuan, ilmu pemrograman, dan juga ya berbagi rasa. Pokonya seru banget deh gan, gabung sama teman-teman baru dari berbagai daerah. Wih, manteb deh pokoknya.

Biasanya tugas kalau lagi ada rapat itu suka bagi tugas, siapa yang mau memonitoring ruang rapat dimana gituh. Jadi kita saling lah, suka di rolling. Jadi gak selamanya kerja itu sama yang se sekolah itu enggak. Kita harus bisa bekerja sama dengan orang lain, bisa bersosialisasi lah. Karena kan udah dua bulan nih, ya pastinya udah kenal banget kan kalau udah dua bulan. Pokonya akrab banget deh.

Jadi yang menarik saya ya pernah gitu waktu pulang ke kosan kan hujan deras, terus sepatu saya basah banget. Besoknya bingung saya mau pakai sepatu mana, untungnya saya bawa satu sepatu bekas ayah saya. Ya karena saya tahu itu ya sepatu bagus ya, saya pakai aja lah. Nah waktu dijalan itu tuh, waktu nyebrang. Wealadalah,,, pas ngangkat kaki ewalah sepatunya jebol! (hahaha). Bukan jebol dikit, tapi jebol semuanya gan, itu bawah sama atasnya ya terpisah jadi ya kaki langsung nginjak tanah. (wkwkwkwk). Lha, itu kan pengalaman. Lucu juga sih, gak apa-apa, itu ya pengalaman yang berharga juga.

Terus apa lagi ya? Oh iya jadi kita kan sering memonitoring ruang rapat nih. Jadi monitoring ruang rapat itu kita satu jam sebelum rapat dimulai kita mempersiapkan komputer PC, monitor, dan proyektor yang akan digunakan untuk rapat. Kita juga membersiapkan mic wirelesnya. Itu gak gampang loh, beda sama yang disekolah yang simple gitu. Itu kan satu PC digabungin ke puluhan monitor pake spliter, belum lagi ke projektor. Entar kalau mau pindahin dari PC ke Laptop. Dan pastinya itu dari awal dikasih tau dulu gan, gak langsung praktik. Itu di bulan pertama kita dikenalin sama semua alat-alat yang ada di ruang rapat dan di kantor. Pokonya banyak banget deh ilmunya.

Terus kita tiap pagi dan sore kita selalu cek aplikasi. Apakah aplikasi itu berfungsi atau rusak. Kita harus cek tiap pagi dan sore supaya aplikasi itu bisa di akses. Kita juga suka print laporan buku tamu online dan grafik tegangan listik online gan. Ya pokoknya yang online-online lah...

Kita juga bertemu sama para pejabat provinsi seperti gubernur, wakil gubernur, sekda, dan sebagainya. Ketemu juga sama cewek cantik gan, (hahaha, modus).

Selain itu juga kita diajak menerin komputer yang rusak, pasang PC, memperbaiki CCTV, dan lah segala macem deh pokoknya. Oke deh, segala yang dipelajari disini itu mencakup semua yang ada di Jurusan Komputer gan. Jadi gak hanya coding doang. Coding si ya wajib lah, kita diberi projek satu aplikasi dan setiap minggu dinilai. Pelajaran yang lain juga seperti perakitan, hardware, perkabelan, dan segala macam yang tidak diajar kan disekolah itu kita pelajari disini. Jadi ilmu yang kita dapet doble plus-plus. Pokoknya banyak untungnya deh.

Jadi gimana pengalaman kalian PKL?? Coba komen dibawah sini ya, penasaran deh. (hehe).
Oke segitu saja postingan malam ini. Maaf gan, postingan ini gak ada fotonya. Tapi nanti setelah PKL saya akan posting lagi yang full sama fotonya deh. Tau plus sama videonya, jadi sekarang lagi ngumpulin dulu foto dan video nya gan, nanti saya upload deh di sini dan di Channel Youtube nya Trisna Sejati. Tunggu ya???

Sekian, mohon maaf bila banyak banget kesalahan dan kekeliruan. Komentar anda sangat kami tunggu. Semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum wr.wb.

0 Comments