Awal Saya Tahu Komputer

Assalamu'alaikum wr.wb. Selamat berkunjung di blog sederhana ini.
Sekarang saya akan bercerita sedikit tentang bagaimana saya tahu komputer, dari saya tidak tahu menjadi tahu. Disini mungkin akan saya ceritakan dari mulai saya tidak tahu apa yang namanya komputer.


Jadi ceritanya gini, saya itu baru pertama kali melihat bentuk komputer itu kelas 6 SD gan, itu komputernya sekolah yang baru. Karena dahulu di SD saya belum ada komputer. Awalnya saya sih aneh ya komputer, mirip dengan TV sih, tapi kayaknya banyak tombol-tombol gitu. Saat itu sih saya gak mau mempelajari komputer gan, karena kan masih SD dan masih awam. Jadi cita-cita dulu pas masih itu ingin jadi Seniman gan, hehe.

Jadi pas saya kelas 6 SD itu adalah pertama saya melihat bentuk komputer dari jauh, kan komputernya diruangan gan, saya lihatnya juga dari luar gan, jadi yang saya lihat cuma Monitornya saja.

Terus beranjak ke SMP saya mulai belajar komputer nih gan. Karena kan sewaktu saya kelas 7 SMP ada mata pelajaran TIK (Teknik Informasi dan Komunikasi). Pada saat itu saya malu banget gan, orang-orang yang hidupnya dikota ternyata sudah bisa mengoperasikan komputer, sedangkan saya yang hidup di kampung belum bisa apa-apa. Pada saat kelas 7, saya itu pertama kalinya pegang komputer. Saya baru tahu bahwa komputer itu ada mousenya, ada keyboard dan CPU nya. Jadi awalnya saya mengira cuma monitor yang kayak TV doang gan.

Pertama kali saya masuk pelajaran TIK sih gak langsung praktik, tapi ke teori dulu. Pada saat itu saya bingung, gak ngerti apa apa. Orang lain mah pada gak sabar pengen mulai praktik, nah saya dulu gak bingung-bingung amat, hehe. Tau juga enggak yang namanya komputer seperti apa. Awal praktik mata pelajara TIK, guru nyuruh kita buat cek kabel-kabel gitu, apakah kabel listriknya terpasang atau belum. Terus kabelnya disuruh dicabut gan, terus disuruh dipasangin lagi. Pada praktik itu sih gampang-gampang aja. Nah pada saat masuk ke pengoperasian, disitulah saya mulai gelisah. Boro-boro pengoperasian, ngehidupinnya aja gak tau. Jadi di CPU itu kan ada 3 tombol ya, ada tombol Power, Restrart, dan tombol buat membuka DVD Drive. Terus kan guru nyuruh buat hidupin komputernya. Nah komputer yang saya pake gak hidup-hidup gan, kenapa coba? Ya saya mencetnya tombol DVD Drive yang ada di atas itu. Konyol banget kan?

Ya terus hari dami hari materinya makin berjalan. Mulai dari belajar mengganti background, screensaver, dan belajar mencopy file dari C ke folder yang ada di D. Jadi yang gak merasakan mata pelajaran TIK itu rugi banget gan, asli. Awal-awal aja saya diajari Copy-Paste gan. Dan itu sulit banget gan, sampe-sampe file nya nyasar, wkwkwk. Ya mungkin di semester 1 kelas 7 ini belajar basic aja gan, belajar pengenalan komputer dulu.

Di semester 2 kelas 7, mulai masuk ke Microsoft Word, disitu saya disuruh ngetik gan. Wah, bayangin gan, disuruh ngetik. Ya kalau sekarang sih mudah-mudah saja, kalau dulu mah susah gan. Ngetik satu kalimat aja sampe 10 menit gan. Jadi yang susah itu nyari-nyari tombolnya gan. Pada saat itu tombol yang paling susah dicari itu biasanya C, B, N. Karena kan letaknya dibawah, ditengah. Pernah ya, sampe pusing nyari huruf C di keyboard gak ketemu-ketemu. Akhirnya saya minta bantuan temen saya nyari tombol C, dibantu sama 2 orang aja tetep gak ketemu gan. Huruf C nya hilang kali ya, wkwkwk. Terus saya nanya ke yang ahli gan, saya nanya di keyboard saya gak ada tombol C nya. Ya, akhirnya dia memberi tahu tombol C nya, dan akhirnya tombol C nya ketermu. Wkwkwkwkwk.

Nah, pada saat itu kan saya mulai iri kan, saya temen-temen yang bisa komputer. Kok mereka bisa ya, kok saya enggak. Malu juga kan, tiap praktik gitu terus. Ya jadi setelah kelas 2 itu saya setiap minggu rutin main ke Warnet. Wih, bayangin gan, seorang saya main ke warnet 1 jam.. Saya ngetik 1 jam ya, di sana cuma dapet satu paragraf. Sampai saat itu saya gak putus asa gan, tiap hari minggu pokonya jadwalnya ke Warnet. Waktu demi waktu, saya mulai terbiasa gan. Jadi saya nambah jadi 2 jam bahkan sampe 4 jam. Biaya warnet dulu satu jamnya itu Rp.3000 gan. Jadi kalau 3 jam habis Rp.9000. Lumayan kan, daripada kursus lebih mahal.

Setelah bertahun-tahun saya rajin ke Warnet. Akhirnya saya bisa menjadi saingan temen-temen, wkwkwk. Pas kelas 9 kan materinya Excel, Word, dan Internet. Alhamdulillah, nilainya bagus-bagus.

Apa aja sih yang saya pelajari di Warnet? Saya itu kalau ke warnet suka sendiri gan, kalau sama temen gak asik gan, suka ngajak pulang terus. Di sana itu saya belajar banyak hal, mulai dari Word, Excel, Video Editing, dan Sound Editing. Sampe-sampe komputernya ngelag tuh gan, besoknya dimarahin sama yang punya warnetnya, wkwkwk. Ya karena malu juga, saya pindah ke warnet lain gan. Disana saya belajar hal yang sama juga, tapi lebih seneng ke Editing.

Nah pas kelas 9 nih gan, setelah libur panjang saya mulai sadar gan. Saya mulai sadar kalau saya kena mata minus. Ya mungkin akibat keseringan melihat layar monitor. Saya juga pernah di warnet sampe pusing dan mual gan, pernah sekali. Saat itu saya pulang, sebelumnya saya diem dulu di luar, sambil duduk di motor ngerasain pusing di kepala gan. Tapi alhamdulillah itu sementara gan. Jadi saya mulai minus itu pas kelas 9 gan. Terus saya diperiksa, dan katanya saya minus 2,25 atau "dua lebih seperempat" sampai sekarang. Jadi saya saranin nih, kalian boleh mainan HP, mainan komputer/laptop. Tapi polanya dijaga, setiap hari boleh. Tapi setiap jam sekali atur penglihatan gan, jangan terpaku ke monitor terus, sesekali melihat ke luar sana. Lihat obyek yang jauh. Itu bisa mengurangi mata minus. Jadi yang membuat minus itu gini, kita terlalu sering melihat obyek yang dekat dan jarang melihat obyek yang jauh.

Nah pas masuk SMK nih. Saya berniat masuk ke Ilmu Komputer, assseeekk. Ya, mungkin karena sudah suka sama komputer, jadi ingin dilanjukan gan. Saya awalnya memilih jurusan Multimedia, tapi karena sesuatu hal saya akhirnya masuk ke jurusan RPL atau jurusan para calon Programer. Keren kan? Di sekolah ini, saya mulai belajar bahasa pemrograman, mulai dari VisualBasic, Java, C++, PHP, CSS, dan Android Studio. Alhamdulillah, saat ini sudah sebentar lagi UNBK.

Minta doanya ya, semoga bisa mendapatkan nilai UNBK yang memuaskan, dan juga bisa mengerjakan projek Ujikom dengan sempurna, aamiin. Jadi saya kini tekun di bahasa pemrograman berbasis Web dan Android. Saya mulai mengembangkan aplikasi-aplikasi android dan website. Kedepannya sih saya mau bikin website sendiri. Terus, selama di jurusan RPL udah bisa apa aja? Ya kalau itu sih pilihan ya, setiap orang pasti punya keahliannya masing-masing. Kalau saya sendiri sih, memilih untuk fokus di pemrograman Web dan Android. Jadi fokus ke pembuatan website dan aplikasi android. Saya menyukai itu. Walau mungkin banyak yang menyebutkan bahwa programing itu susah. Memang susah, programing itu susah banget. Tapi saya suka, saya suka programing. Karena saya suka, saya tidak mudah putus asa, karena saya tidak mudah putus asa, saya bisa.
Disamping itu saya juga mempelajari editing, diantaranya editing sound dan video. Sampai saya punya channel youtube Trisna Sejati.
Alhamulillah.

Jadi mungkin itu perjalanan pengetahuan saya tentang komputer dari sejak SD hingga sekarang ini. Mungkin bisa memotivasi anda yang ingin belajar, dan ingin berusaha. Ingat, ilmu itu akan datang pada orang yang mau belajar dan berusaha, apalagi jika ditambah dengan doa. Ilmu itu sensitif, dia gak suka orang yang gampang menyerah dan gampang mengeluh. Kalau anda banyak mengeluh, ilmu itu jika dipelajari setiap hari, tetap saja susah.

Intinya adalah, belajarlah selagi diberi kesempatan untuk belajar. Ikhlaskan hatimu saat anda mulai untuk belajar. Dan hasil yang baik, akan didapatkan dengan usaha yang baik pula.

Terima kasih

0 Comments